Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadalah, Akun Google yang Tidak Aktif Akan Dihapus Pada Akhir Tahun

kapan-gmail-akan-dihapus
Gmail akan dihapus


Bolanyakuy.com - Pada Desember 2023, Google akan menghapus akun yang tidak aktif. Google akan memberikan persyaratan khusus untuk akun-akun yang akan dihapus, seperti yang diungkapkan oleh Ruth Kricheli, VP Product Management Google. Penghapusan akun ini dilakukan dalam rangka menjaga keamanan pengguna.

“Jika akun tidak digunakan dalam jangka waktu lama, kemungkinan besar akun tersebut akan disusupi,” ucap Ruth.

Tim internal Google telah menganalisis dengan alasan bahwa menghapus akun yang tidak aktif adalah langkah yang penting. Mereka menyatakan bahwa akun yang tidak digunakan memiliki peluang sepuluh kali lebih kecil untuk memiliki verifikasi dua langkah yang diperlukan. Tanpa verifikasi ini, akun menjadi rentan terhadap potensi peretasan dan pencurian data pemiliknya.

“Untuk mengurangi risiko ini, kami memperbarui kebijakan ketidakaktifan akun selama minimal dua tahun,” terangnya.

Google mengklasifikasikan akun yang akan dihapus, termasuk yang terhubung dengan Google Workspace (termasuk Gmail, Docs, Drive, Meet, dan Calendar), serta Google Foto. Perlu dicatat bahwa kebijakan ini hanya berlaku untuk akun Google pribadi dan tidak akan berdampak pada akun organisasi, seperti yang digunakan di sekolah atau bisnis.

“Pembaruan ini menyelaraskan kebijakan kami dengan standar industri seputar retensi dan penghapusan akun dan juga membatasi jumlah waktu Google menyimpan informasi pribadi Anda yang tidak digunakan,” tulisnya.

Google akan memberikan pemberitahuan kepada pemilik akun sebelum menghapusnya melalui alamat akun dan email pemulihan. Untuk menjaga agar akun Google Anda tetap aktif, Ruth telah membagikan beberapa langkah mudah. Dia menyarankan agar pemilik akun Google tetap aktif dengan masuk ke akun setidaknya setiap dua tahun.

Google menganggap akun sebagai aktif jika Anda baru saja masuk ke akun atau salah satu layanan Google. Beberapa aktivitas yang dianggap aktif oleh Google meliputi:

  • Membaca atau mengirim email.
  • Menggunakan Google Drive.
  • Menonton video di YouTube.
  • Mengunduh aplikasi dari Google Play Store.
  • Menggunakan Google Penelusuran.
  • Menggunakan Masuk dengan Google untuk mengakses aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Google juga mempertimbangkan akun yang terkait dengan Google One, publikasi berita, atau aplikasi tertentu. Selain itu, Google tidak memiliki rencana untuk menghapus akun yang berisi video YouTube saat ini.

Google juga mempertimbangkan akun yang terkait dengan Google One, publikasi berita, atau aplikasi tertentu. Selain itu, Google tidak memiliki rencana untuk menghapus akun yang berisi video YouTube saat ini.

Posting Komentar untuk "Waspadalah, Akun Google yang Tidak Aktif Akan Dihapus Pada Akhir Tahun"