Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan-Amalan Sunnah yang Disarankan untuk Dilakukan Umat Muslim di Hari Jumat

Amalan-Amalan Sunnah yang Disarankan untuk Dilakukan Umat Muslim di Hari Jumat - Hari Jumat dianggap sebagai hari yang sangat berharga bagi umat Islam. Di hari ini, ada sejumlah amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Hari Jumat memang seperti hari-hari lainnya, namun bagi umat Islam, hari ini memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri.


Shalawat Hari Jumat
Sunnah Rasulullah SAW Hari Jumat/Gambar RRI.co.id

Sehingga, di hari Jumat, umat Islam sangat disarankan untuk melakukan berbagai amalan sunnah yang dapat memberikan keberkahan dan pahala berlipat. Amalan-amalan ini jika dilakukan akan mendapatkan pahala, namun tidak ada dosa jika tidak dilaksanakan.
Inilah beberapa amalan sunnah di hari Jumat yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW:

Kegiatan Muslim di Hari Jum'at

Mandi pada Hari Jumat

Mandi pada hari Jumat merupakan amalan sunnah yang disarankan bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal sehat. Waktu untuk mandi Jumat ini bisa dimulai dari waktu Subuh dan dilakukan hingga sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan sholat Jumat. 

Memakai Pakaian Terbaik di Hari Jumat

Umat Islam disarankan untuk mengenakan pakaian terbaik mereka pada hari Jumat. Ini merupakan cara untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT atas semua nikmat yang telah diberikan.

Menggunakan Siwak

Menggunakan siwak merupakan amalan sunnah yang disarankan untuk dilakukan setiap hari, termasuk pada hari Jumat. Siwak bermanfaat dalam membersihkan mulut dan menghilangkan bau tidak sedap dari mulut.

Berangkat Awal ke Masjid

Disarankan bagi umat Islam untuk berangkat lebih awal ke masjid pada hari Jumat. Ini bertujuan agar mereka dapat mendengarkan khutbah Jumat dengan lebih khusyuk dan tenang.

Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Di hari Jumat, dianjurkan bagi umat Islam untuk membaca surat Al-Kahfi. Amalan ini berlandaskan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan:

"Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, cahaya akan meneranginya dari satu Jumat ke Jumat berikutnya." (Diriwayatkan oleh Al-Hakim)

Berdoa di Waktu Mustajab

Waktu mustajab adalah momen di mana doa-doa memiliki peluang lebih besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Pada hari Jumat, waktu mustajab ini berlangsung dari saat khatib memulai khutbah hingga berakhirnya sholat Jumat.

Melakukan Sedekah

Melakukan sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan setiap hari, termasuk pada hari Jumat. Sedekah bisa berupa berbagai hal, seperti memberikan uang, makanan, atau bahkan meluangkan waktu dan tenaga untuk membantu orang lain.

Memangkas Kuku dan Kumis

Amalan sunnah memangkas kuku dan kumis dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat, sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW:
“Nabi Muhammad SAW biasa memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum beliau melaksanakan sholat Jumat.” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dan At-Thabrani)

Memperbanyak Shalawat pada Hari Jumat

Amalan sunnah memperbanyak shalawat pada hari Jumat sangat dianjurkan. Ini berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan:
“Hari yang paling utama di antara hari-hari kalian adalah hari Jumat. Maka, perbanyaklah shalawat untukku pada hari itu, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.” Ketika ditanya oleh para sahabat tentang bagaimana shalawat itu sampai kepadanya setelah beliau wafat, Nabi menjawab, “Sesungguhnya Allah melarang bumi memakan tubuh para nabi.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ibnu Majah, dan An-Nasa-i).  


Sumber : sukabumiupdate.com

Posting Komentar untuk "Amalan-Amalan Sunnah yang Disarankan untuk Dilakukan Umat Muslim di Hari Jumat"